Repo Dosen ULM

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Bermuatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Naila, Nanda
dc.contributor.author Winarti, Atiek
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:33:28Z
dc.date.available 2022-06-27T00:33:28Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.issn e-ISSN : 2550-0716
dc.identifier.issn p-ISSN : 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24697
dc.description.abstract ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan (validitas, kepraktisan, dan keefektifan) media pembelajaran komik kimia bermuatan literasi sains pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi. Penelitian merupakan penelitian R&D menggunakan model 4D dengan subjek uji keterbacaan perorangan 3 orang peserta didik, kelompok kecil 8 orang peserta didik, dan uji coba terbatas 34 orang peserta didik Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik kimia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Valid, ditinjau dari nilai aspek isi sebesar 95.35 (sangat valid), aspek tampilan sebesar 92.91 (sangat valid), dan aspek literasi sains sebesar 93.46 (sangat valid). (2) Praktis, ditinjau dari hasil keterbacaan media komik kimia pada uji perorangan sebesar 3.77 (sangat baik) dan kelompok kecil sebesar 3.58 (sangat baik), dan respon peserta didik terhadap media komik kimia sebesar 3.46 (sangat baik). (3), Efektif, ditinjau dari N-gain pemahaman konsep sebesar 0.74 (tinggi), N-gain kemampuan komunikasi tulisan sebesar 0.77 (tinggi), dan komunikasi lisan sebesar 58.89% (cukup). Diperoleh simpulan bahwa media pembelajaran komik kimia bermuatan literasi sains layak digunakan dalam pembelajaran yang ditinjaau dari 3 aaspek sangat valid, sangat baik, dan N-gain tinggi sertaa cukup. en_US
dc.publisher Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 13 No 1;report
dc.subject komik kimia en_US
dc.subject literasi sains en_US
dc.subject pemahaman konsep en_US
dc.subject kemampuan komunikasi en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Bermuatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account