dc.description.abstract |
Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model inkuiri
terbimbing materi redoks pada siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2
Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui:
aktivitas guru, aktivitas siswa, afektif siswa, psikomotor siswa, dan hasil
belajar siswa;. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin
dengan jumlah 34 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas guru dengan persentase 73,58% (baik) pada siklus I
menjadi 92,96% (sangat baik) pada siklus II, peningkatan aktivitas siswa
dengan persentase 52,09% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 81,21% (aktif)
pada siklus II, peningkatan aspek afektif dan keterampilan karakter serta
keterampilan sosial dari 52,82% (cukup) dan 59,80% (cukup) pada siklus I
menjadi 79,41% (baik) dan 82,35% (baik) pada siklus II, peningkatan aspek
psikomotor dengan skor 67,75 (kurang) pada siklus I menjadi 80,25 (terampil)
pada siklus II, skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,76 (cukup)
meningkat pada siklus II menjadi 83,70 (baik). |
en_US |