Repo Dosen ULM

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks

Show simple item record

dc.contributor.author Amanda, Riski Resa
dc.contributor.author Suharto, Bambang
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:32:33Z
dc.date.available 2022-06-27T00:32:33Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.issn e-ISSN : 2550-0716
dc.identifier.issn p-ISSN : 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24693
dc.description.abstract Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model inkuiri terbimbing materi redoks pada siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: aktivitas guru, aktivitas siswa, afektif siswa, psikomotor siswa, dan hasil belajar siswa;. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dengan persentase 73,58% (baik) pada siklus I menjadi 92,96% (sangat baik) pada siklus II, peningkatan aktivitas siswa dengan persentase 52,09% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 81,21% (aktif) pada siklus II, peningkatan aspek afektif dan keterampilan karakter serta keterampilan sosial dari 52,82% (cukup) dan 59,80% (cukup) pada siklus I menjadi 79,41% (baik) dan 82,35% (baik) pada siklus II, peningkatan aspek psikomotor dengan skor 67,75 (kurang) pada siklus I menjadi 80,25 (terampil) pada siklus II, skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,76 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83,70 (baik). en_US
dc.publisher Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 8 No 1;report
dc.subject aktivitas guru en_US
dc.subject aktivitas siswa en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject model pembelajaran inkuiri terbimbing en_US
dc.subject redoks en_US
dc.title Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account