dc.contributor.author |
Hisni, Muhammad |
|
dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Sari, Asdini |
|
dc.date.accessioned |
2022-06-20T05:58:36Z |
|
dc.date.available |
2022-06-20T05:58:36Z |
|
dc.date.issued |
2022-03-31 |
|
dc.identifier.citation |
APA Style |
en_US |
dc.identifier.issn |
2797-8435 (E) |
|
dc.identifier.issn |
2797-829X (P) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24658 |
|
dc.description.abstract |
Upaya menumbuhkan sikap menghargai dan menjunjung tinggi arti kebudayaan bisa dengan melaui proses pendidikan. Kebudayaan bisa ditanamkan dengan melalui pembelajaran matematika, akan tetapi yang menjadi jembatan antara matematika dan budaya yaitu etnomatematika. Oleh karena itu, dilakukan penelitian berupa pengembangan yang pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomamatika budaya Banjar yang valid. Merangsang peserta didik agar menjadi lebih aktif saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran maka dari itu
diperlukan suatu inovasi agar pembelajaran terkesan menarik dalam suatu kegiatan pembelajaran yaitu dengan menyediakan suatu perangkat pembelajaran yang inovatif. Menyedikan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Banjar merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Pengkajian pengembangan yang dilaksanakan adalah pengembangan LKPD matematika berbasis etnomatematika budaya Banjar materi bangun ruang sisi datar SMPN kelas VIII. Pengkajian pengembangan ini
menggunakan model pengembangan Plomp yang dilakukan dengan empat tahap, diantaranya tahap investigasi awal, perancangan, realisasi/konstruksi,tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahap tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji kevaliditasan oleh tiga validator/dosen ahli. LKPD tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif berupa Intrumen validasi pakar yang di gunakan yang berisikan jawaban dengan skor/penilaian yang bervariasi. Wujud yang telah dihasikan daril uji validitas untuk perangkat pembelajaran berupa LKPD yang sudah dikembangkan menunjukkan LKPD tersebut mencapai kriteria valid. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa LKPD berbasis etnomatematika budaya Banjar SMPN yang valid. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.publisher |
JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 2;Nomor 1 |
|
dc.subject |
pengembangan LKPD |
en_US |
dc.subject |
etnomatematika budaya Banjar |
en_US |
dc.title |
Turnitin: Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Dasar |
en_US |
dc.type |
Dataset |
en_US |