dc.contributor.author |
Irsanti, Aulia |
|
dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.date.accessioned |
2022-06-20T05:57:49Z |
|
dc.date.available |
2022-06-20T05:57:49Z |
|
dc.date.issued |
2015-07-31 |
|
dc.identifier.citation |
APA Style |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 (E) |
|
dc.identifier.issn |
2338-2759 (P) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24655 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan pembelajaran matematika menurut Permendiknas Nomor 22 (Depdiknas, 2006) salah satunya adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Sejalan dengan itu menurut NCTM (2000) menyatakan bahwa salah satu standar matematika sekolah adalah pemecahan masalah. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran MMP dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran MMP dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran MMP. Metode penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif yaitu rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model MMP di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin berada pada kategori baik pada aspek siswa memperhatikan guru membahas PR, memberikan apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; siswa mengamati LKK; siswa antusias dalam kegiatan menanya dan menggali informasi; siswa mendiskusikan jawaban dengan kelompoknya masing-masing; serta siswa membuat rangkuman. Sedangkan untuk aspek siswa menjawab soal yang diberikan guru dan siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri berada pada kategori sangat baik. Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran MMP di kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin berada pada kategori baik untuk langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.publisher |
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 3;Nomor 1 |
|
dc.subject |
Model pembelajaran MMP |
en_US |
dc.subject |
kemampuan pemecahan masalah |
en_US |
dc.title |
Turnitin: Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah |
en_US |
dc.type |
Dataset |
en_US |