Repo Dosen ULM

Turnitin: Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Teori Peluang di Program Studi Pendidikan Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Siti Nur Elisa Diana
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Kusumawati, Elli
dc.date.accessioned 2022-06-20T05:56:51Z
dc.date.available 2022-06-20T05:56:51Z
dc.date.issued 2019-03-05
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24651
dc.description Jurnal proseding en_US
dc.description.abstract Kemampuan berpikir kritis tidak mudah dan tidak langsung dimiliki oleh siswa karena untuk melatih kemampuan tersebut perlu latihan terbimbing dari guru. Oleh karena itu, guru memerlukan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta inovatif guna menunjang pembelajaran yang menarik dan aktif bagi siswa. Discovery learning adalah satu dari beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model discovery learning, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung, (3) menganalisis bahwa adanya pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desainnya adalah Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 31 Banjarmasin yaitu sebanyak 178 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat rendah, (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model discovery berada pada kategori sangat rendah, (3) terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.description.sponsorship Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.publisher ULM Repository en_US
dc.relation.ispartofseries 23702;
dc.subject kemampuan berpikir kritis en_US
dc.subject model discovery learning en_US
dc.title Turnitin: Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Teori Peluang di Program Studi Pendidikan Matematika en_US
dc.type Dataset en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account