Repo Dosen ULM

Turnitin: Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII

Show simple item record

dc.contributor.author Muliyati
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-06-20T05:56:37Z
dc.date.available 2022-06-20T05:56:37Z
dc.date.issued 2021-03-24
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.issn 2797-8435 (E)
dc.identifier.issn 2797-829X (P)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24650
dc.description Turnitin jurnal ilmiah belum terakreditasi Sinta en_US
dc.description.abstract Siswa pada saat sekarang ini sudah seharusnya memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih kurang hal ini dikarenakan masih banyak siswa kurang menguasai konsep dasar materi yang diajarkan guru, dan masih kurangnya kesadaran siswa untuk belajar matematika. Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah diperlukan agar kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat berkembang. Salah satu model pembelajaran berbasis masalah adalah Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin yang pembelajarannya mengaplikasikan model pembelajaran MEA, (2) mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin yang pembelajarannya mengaplikasikan pembelajaran konvensional dalam berpikir tingkat tinggi, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest-only control .Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin dengan sampel yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi serta tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) siswa yang belajar dengan mengaplikasikan model pembelajaran MEA kemampuan berpikir tingkat tingginya berada pada kualifikasi cukup, (2) siswa yang belajar dengan mengaplikasikan model pembelajaran konvensional kemampuan berpikir tingkat tingginya berada pada kualifikasi kurang, dan (3) model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa en_US
dc.description.sponsorship Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.publisher JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 1;Nomor 1
dc.subject berpikir tingkat tinggi en_US
dc.subject model means ends analysis en_US
dc.subject model pembelajaran konvensional en_US
dc.title Turnitin: Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII en_US
dc.type Dataset en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account