Repo Dosen ULM

Turnitin: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya

Show simple item record

dc.contributor.author Rofi'ah, Nur
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Mawaddah, Siti
dc.date.accessioned 2022-06-20T05:55:13Z
dc.date.available 2022-06-20T05:55:13Z
dc.date.issued 2019-07-31
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.issn 2597-9051 (E)
dc.identifier.issn 2338-2759 (P)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24644
dc.description Turnitin jurnal ilmiah terakreditasi Sinta 3 en_US
dc.description.abstract Soal cerita matematika seringkali dianggap sulit oleh para siswa, sehingga seringkali terdapat banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menjawab soal cerita matematika. Tujuan dari penetian ini adalah menganalisis jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah merupakan Populasi dari penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diambil sampel dari lima sekolah dengan jumlah 422 siswa. Teknik pengumpulan data memakai tes soal uraian serta dianalisis berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika Sosial berdasarkan langkah penyelesaian Polya yaitu kesalahan memahami masalah termasuk ke dalam kesalahan dengan kategori kecil. Sedangkan, kesalahan menyu-sun rencana, kesalahan menyelesaikan perencanaan, dan kesalahan memeriksa kembali termasuk ke dalam kesalahan dengan kategori cukup tinggi en_US
dc.description.sponsorship Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.publisher EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 7;Nomor 2
dc.subject analisis kesalahan en_US
dc.subject soal cerita matematika en_US
dc.subject langkah penyelesaian Polya en_US
dc.title Turnitin: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya en_US
dc.type Dataset en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account