Repo Dosen ULM

Identifikasi Struktur Litologi Bawah Permukaan di Jalan Trans-Kalimantan yang Melalui Daerah Rawa, Kalimantan Selatan.

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyono, Sri Cahyo
dc.contributor.author Susilo, Tanto Budi
dc.contributor.author Sota, Iberahim
dc.contributor.author Siregar, Simon Sadok
dc.date.accessioned 2022-04-26T03:34:58Z
dc.date.available 2022-04-26T03:34:58Z
dc.date.issued 2014-11-15
dc.identifier.issn -
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23934
dc.description Laporan Penelitian en_US
dc.description.abstract Ruas jalan Trans Kalimantan di Provinsi Kalimantan Selatan sebagian besar mengalami penurunan masa layanan sebelum umur rencananya. Berdasarkan hasil pengukuran dan pembahasan dari penelitian ini, maka jenis formasi penyusun batuan di Kalimantan meliputi Aluvium, Formasi dahor, Warukin, Berai, Tanjung, Manunggul, Keramaian, Paniungan, Batununggul, Paau dan Pitanak. Jenis tanah di Kalimantan Selatan adalah aluvial, PMKL (Podsolik Merah Kuning Latosol), latosol, KPMK (Kompleks Podsolik Merah Kuning) dan PMK (Podsolik Merah Kuning). Pengukuran geolistrik pada jalur Trans Kalimantan yang melalui Provinsi Kalimantan Selatan pada lapisan pertama kedalaman 0,85 - 10,00 meter didominasi lapisan tanah/batuan dengan resistivitas 15 - 150 Ohm.m yang tersusun jenis tanah/batuan lanauan dan pasiran. Lapisan kedua pada kedalaman 10,00 - 11,00 meter didominasi lapisan tanah/batuan dengan resistivitas 150 - 300 Ohm.m yang tersusun jenis tanah/batuan dasar berkekar terisi tanah lembab dan pasir kerikil terhadap lapisan lanau. Lapisan ketiga pada kedalaman 11,00 - 14,70 meter didominasi lapisan tanah/batuan dengan resistivitas 300 Ohm.m yang tersusun jenis tanah/batuan dasar terisi tanah kering dan batuan dasar tak lapuk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sampai kedalaman 10,00 meter masih didominasi oleh lapisan lunak dan kondisi tersebut berdampak pada jalan raya yaitu akan sering turun, retak-retak dan bergelombang. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka perlu pembenahan pada masalah konstruksi, tetapi kalau memang sulit maka perlu perawatan tiap tahun dengan cara melapisi aspal secara rutin. en_US
dc.description.sponsorship Development and Upgrading of Seven Universities in Improving the Quality and Relevance of Higher Education in Indonesia en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas 'Lambung Mangkurat en_US
dc.subject taahan jenis, struktur litologi, rawa, Jalan Trans kalimantan en_US
dc.title Identifikasi Struktur Litologi Bawah Permukaan di Jalan Trans-Kalimantan yang Melalui Daerah Rawa, Kalimantan Selatan. en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account