Repo Dosen ULM

KOMPETENSI GURU PEMBIMBING KHUSUS DALAM MELAKSANAKAN IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF KOTA BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Amka, Amka
dc.contributor.author Utomo, Utomo
dc.contributor.author Kusumastuti, Dewi Ekasari
dc.contributor.author Thaibah, Hayatun
dc.date.accessioned 2022-04-26T03:29:17Z
dc.date.available 2022-04-26T03:29:17Z
dc.date.issued 2018-05
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23887
dc.description.abstract Kompetensi guru pembimbing khusus dalam melakukan identifikasi dan asesmen di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif merupakan hal yang sangat esensial untuk dikaji lebih mendalam, sebab kompetensi ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru pembimbing khusus dalam melakukan identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Banjarmasin Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 6 orang guru pembimbing khusus SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, foto, catatan hasil kegiatan dan surat-surat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN Kuin Selatan 3, menunjukkan: (1) Sebagian besar GPK di SDN Kuin Selatan 3 tidak berlatar belakang pendidikan luar biasa, (2) Beberapa GPK pernah mengikuti pelatihan, namun hanya sekali sehingga tidak memperoleh pemahaman yang utuh, (3) Pemahaman klasifikasi anak berkebutuhan khusus oleh GPK yang tidak berlatar belakang pendidikan luar biasa (PLB) tidak secara utuh dan mendalam, (4) GPK menggunakan instrumen identifikasi dan asesmen yang sudah ada, (5) Pelaksanaan identifikasi dilaksanakan oleh GPK berlatar belakang pendidikan luar biasa pada tahun ajaran baru, (6) GPK menggunakan instrumen asesmen anak berkebutuhan khusus yang sudah ada, (8) Sebagian besar GPK di sekolah ini belum paham mengenai langkah-langkah pelaksanaan asesmen. en_US
dc.subject Kompetensi Guru Pembimbing Khusus, Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif en_US
dc.title KOMPETENSI GURU PEMBIMBING KHUSUS DALAM MELAKSANAKAN IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF KOTA BANJARMASIN en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account