Repo Dosen ULM

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK.

Show simple item record

dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.contributor.author Sukadasih, Lilis Puri
dc.date.accessioned 2022-04-19T00:46:00Z
dc.date.available 2022-04-19T00:46:00Z
dc.date.issued 2014-10
dc.identifier.citation Sukmawati, R. A., & Sukadasih, L. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23704
dc.description.abstract Kemampuan penalaran siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran di Indonesia yang cenderung teacher-centered, sehingga siswa hanya tergantung dengan penjelasan guru dan tidak dapat menghasilkan kegiatan belajar aktif. Salah satu model yang melibatkan keaktifan siswa dalam mengeksplorasi dan menemukan sendiri pengetahuan mereka adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau gambaran tentang perbandingan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling, melalui teknik tersebut terpilih kelas X-Boga 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-Boga 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMK. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries 2;2
dc.subject inkuiri terbimbing en_US
dc.subject penalaran matematis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account