dc.contributor.author |
Sukmawati, R. Ati |
|
dc.contributor.author |
Adini, M. Hifdzi |
|
dc.contributor.author |
Pramita, Mitra |
|
dc.contributor.author |
Rizqan, Ahmad |
|
dc.date.accessioned |
2022-04-19T00:44:11Z |
|
dc.date.available |
2022-04-19T00:44:11Z |
|
dc.date.issued |
2021-10 |
|
dc.identifier.citation |
Sukmawati, R. A., Adini, M. H., Pramita, M., & Rizqan, A. Implementasi gamifikasi pada pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan metode drill and practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 163-181. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23695 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media
pembelajaran interkatif untuk materi Sistem Persmaan Liner Dua Variabel. Materi
disajikan dengan metode pembelajaran Drill and Practice dengan memberikan banyak
soal latihan. Untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dalam belajar, pada
media pembelajaran diimplementasikan sejumlah elemen gamifikasi seperti badges,
leaderboards, dan experience point. Media pembelajaran dikembangan menggunakan
konsep System Development Life Cycle (SDLC) yaitu planning, analysis, design dan
implementation. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah media pembelajaran interaktif
untuk materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Fungsionalitas media
pembelajaran diuji dengan menggunakan metode Black Box. Berdasarkan hasil
pengujian fungsionalitas, semua fitur pada aplikasi media pembelajaran yang
dikembangkan dapat berfungsi dengan baik. Selanjutnya dilakukan validasi materi dan
media yang dilakukan masing-masing oleh dua orang ahli. Hasil validasi materi dan
media menunjukkan bahan ajar dan media sudah valid untuk digunakan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
9;2 |
|
dc.subject |
media pembelajaran |
en_US |
dc.subject |
drill and practice |
en_US |
dc.subject |
gamifikasi |
en_US |
dc.title |
Implementasi Gamifikasi pada Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Metode Drill and Practice |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |