Repo Dosen ULM

Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (Vak) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Noorbaiti, Rahmita
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.date.accessioned 2022-04-19T00:41:54Z
dc.date.available 2022-04-19T00:41:54Z
dc.date.issued 2018-04
dc.identifier.citation Noorbaiti, R., Fajriah, N., & Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII E MTsn Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23686
dc.description.abstract Setiap siswa adalah unik atau berbeda satu sama lain. Salah satu keunikan tersebut yaitu gaya belajar masing-masing siswa. Gaya belajar merupakan kecenderungan seseorang dalam memperoleh dan menciptakan pengalaman dan terkait dengan indera yang dimiliki. Gaya belajar dibagi menjadi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik atau dikenal dengan VAK. Oleh karena itu, di antara tugas guru adalah merancang pembelajaraan yang dapat mengakomodasi ketiga gaya belajar VAK. Atas dasar tersebut, maka dilaksanakan penelitian mengenai implementasi (penerapan) model pembelajaran VAK dengan tujuan mengetahui respon dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan model VAK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang terdiri dari 6 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi hasil belajar yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajarannya, hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin sejumlah 34 orang. Objek dalam penelitian adalah hasil belajar serta respon siswa terhadap model pembelajaran VAK pada pokok bahasan perbandingan dan aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur respon siswa. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase. Data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran VAK hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin berada pada kualifikasi amat baik. Subjek penelitian yang dalam penelitian ini siswa kelas VII memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model VAK. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries 6;1
dc.subject gaya belajar VAK en_US
dc.subject model pembelajaran VAK en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject respon siswa en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (Vak) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account