Repo Dosen ULM

Evaluasi Usability Heuristics pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web

Show simple item record

dc.contributor.author Adini, M. Hifdzi
dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.contributor.author Nasrina, Aziza
dc.date.accessioned 2022-04-19T00:39:46Z
dc.date.available 2022-04-19T00:39:46Z
dc.date.issued 2020-10
dc.identifier.citation Adini, M. H., Santana Purba, H., Sukmawati, R. A., & Nasrina, A. (2020). Evaluasi Usability Heuristics pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web. en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23676
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi Usability Heuristics pada media pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang dan Sisi Lengkung berbasis web dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan sepuluh prinsip Usability Heuristics dan ditugaskan kepada empat orang ahli untuk sebagai evaluator. Setiap prinsip akan diberikan rating dengan skala 0 (nol) sampai 4 (empat) dengan kritetia 0 (tidak ada masalah usability), 1 (cosmetic problem), 2 (minor usability problem), 3 (major usability problem), dan 4 (usability catastrophe). Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan bahwa media pembelajaran tidak memiliki masalah usability yang mempengaruhi proses penggunaan media. Rata-rata rating tertinggi terdapat pada prinsip Help and documentation dengan rating 1.5, hal ini menujukan bahwa media memerlukan perbaikan minor dari segi dokumentasi dan panduan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries 8;2
dc.subject evaluasi, usability, media en_US
dc.title Evaluasi Usability Heuristics pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account