dc.contributor.author |
Adini, M. Hifdzi |
|
dc.contributor.author |
Santana Purba, Harja |
|
dc.contributor.author |
Sukmawati, R. Ati |
|
dc.contributor.author |
Nasrina, Aziza |
|
dc.date.accessioned |
2022-04-19T00:39:46Z |
|
dc.date.available |
2022-04-19T00:39:46Z |
|
dc.date.issued |
2020-10 |
|
dc.identifier.citation |
Adini, M. H., Santana Purba, H., Sukmawati, R. A., & Nasrina, A. (2020). Evaluasi Usability Heuristics pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23676 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi Usability Heuristics pada media pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang dan Sisi Lengkung berbasis web dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan sepuluh prinsip Usability Heuristics dan ditugaskan kepada empat orang ahli untuk sebagai evaluator. Setiap prinsip akan diberikan rating dengan skala 0 (nol) sampai 4 (empat) dengan kritetia 0 (tidak ada masalah usability), 1 (cosmetic problem), 2 (minor usability problem), 3 (major usability problem), dan 4 (usability catastrophe). Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan bahwa media pembelajaran tidak memiliki masalah usability yang mempengaruhi proses penggunaan media. Rata-rata rating tertinggi terdapat pada prinsip Help and documentation dengan rating 1.5, hal ini menujukan bahwa media memerlukan perbaikan minor dari segi dokumentasi dan panduan. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
8;2 |
|
dc.subject |
evaluasi, usability, media |
en_US |
dc.title |
Evaluasi Usability Heuristics pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |