dc.description.abstract |
Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang
dosen. Selain pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat, dosen juga dituntut untuk
melakukan penelitian dan menerbitkannya di jurnal ilmiah baik nasional terakreditasi
maupun jurnal internasional. Namun, di era literasi saat ini, karya ilmiah yang diterbitkan
di jurnal oleh dosen Universitas Lambung Mangkurat dapat dikatakan masih belum
memenuhi target yang ditentukan. Hal ini tentu dikarenakan terdapat kendala dalam
menulis artikel ilmiah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala
yang dihadapi oleh dosen Universitas Lambung Mangkurat dalam menulis artikel ilmiah
berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dan
menggunakan teknik proporsional sampling, dengan cara mengambil 3 dosen ditiap-tiap
fakultas sebagai perwakilan sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dari
kuesioner akan dianalisa menggunakan analisis isi dan kemudian akan disimpulkan kendala
apa saja dialami oleh dosen Universitas Lambung Mangkurat dalam menulis artikel ilmiah
berbahasa Inggris. Menurut hasil analisa data kuesioner, kendala yang dialami oleh dosen
Universitas Lambung Mangkurat yaitu kendala psikologis, kendala kognitif, kendala
linguistic.
Kata Kunci: kendala, menulis artikel ilmiah berbahasa Inggris |
en_US |