Repo Dosen ULM

Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah

Show simple item record

dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Amalia, Rezqy
dc.date.accessioned 2022-03-25T00:59:07Z
dc.date.available 2022-03-25T00:59:07Z
dc.date.issued 2016-10-31
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.issn 2597-9051 (online)
dc.identifier.issn 2338-2759 (print)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23337
dc.description.abstract Berdasarkan hasil diskusi dengan guru matematika kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin serta hasil pengamatan yang dilakukan pada saat Praktik Pengalaman Lapangan, diperoleh informasi bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran matematika yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang diperoleh dari hasil diskusi dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin dan hasil pengamatan saat mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasy Experimental Design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive random sampling yang bertujuan untuk mengambil dua kelas dari empat kelas. Setelah dilakukan uji beda terhadap hasil UTS matematika kelas VII, dua kelas yang dipilih adalah kelas VII A dan VII B. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak, terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) pembelajarn konvensional memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. en_US
dc.description.sponsorship Program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.publisher EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 4;Nomor 2
dc.subject model Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah matematis en_US
dc.title Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account