dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Amalia, Rezqy |
|
dc.date.accessioned |
2022-03-25T00:59:07Z |
|
dc.date.available |
2022-03-25T00:59:07Z |
|
dc.date.issued |
2016-10-31 |
|
dc.identifier.citation |
APA Style |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 (online) |
|
dc.identifier.issn |
2338-2759 (print) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23337 |
|
dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil diskusi dengan guru matematika kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin serta hasil pengamatan yang dilakukan pada saat Praktik Pengalaman Lapangan, diperoleh informasi bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran matematika yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang diperoleh dari hasil diskusi dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin dan hasil pengamatan saat mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasy Experimental Design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive random sampling yang bertujuan untuk mengambil dua kelas dari empat kelas. Setelah dilakukan uji beda terhadap hasil UTS matematika kelas VII, dua kelas yang dipilih adalah kelas VII A dan VII B. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak, terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) pembelajarn konvensional memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.publisher |
EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 4;Nomor 2 |
|
dc.subject |
model Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah matematis |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |