dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Lisdawati, Sri |
|
dc.date.accessioned |
2022-03-25T00:58:48Z |
|
dc.date.available |
2022-03-25T00:58:48Z |
|
dc.date.issued |
2014-10-31 |
|
dc.identifier.citation |
APA Style |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 (online) |
|
dc.identifier.issn |
2338--2759 (print) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23335 |
|
dc.description.abstract |
Matematika merupakan cabang ilmu eksak yang berperan penting untuk cabang ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Siswa seringkali merasa kurang memiliki minat yang tinggi bila menjumpai masalah-masalah matematika yang sulit dan bahkan cenderung untuk menghindarinya. Hal ini berdampak pada rendahnya minat siswa untuk mempelajari matematika, kemudian juga berakibat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik belajar matematika. Salah satu metode tersebut adalah metode IMPROVE (Introducing New Concepts, Metacognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulties, Obtaining mastery, Verification, Enrichment). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode IMPROVE dan metode ekspositori dan mengetahui pengaruh metode IMPROVE terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang bertujuan untuk mengambil dua kelas sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan metode IMPROVE berada pada kualifikasi baik sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori berada pada kualifikasi cukup baik. Terdapat pengaruh metode IMPROVE terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin tahun pelajaran 2013-2014. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Program Studi Pendidikan Matematika |
en_US |
dc.publisher |
EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 2;Nomor 2 |
|
dc.subject |
Metode IMPROVE, Metode Ekspositori, Kemampuan Pemecahan Masalah |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Metode Improve terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Bangun Ruang di Kelas VIII SMP |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |