dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian sikap
sosial siswa yang praktis, valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri atas sembilan langkah, yaitu: 1)
Potensi masalah, (2) Pengumpulan informasi dan studi literatur, (3) Desain produk, (4)
Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba terbatas, (7) Revisi produk, (8) Uji coba
lapangan), (9) Revisi produk akhir, Penelitian dilakukan di SMPN 1 Anjir Muara
Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik kuesioner.
Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Setelah dilakukan uji validitas pada skala besar dengan sampel 200 orang siswa, validitas
24 butir instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan memiliki tingkat kevalidan
instrumen yang sangat baik dengan nilai di atas 0,138. Di samping valid, instrumen
penilaian sikap siswa terhadap lingkungan juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi,
dengan nilai 0,876. Berdasarkan hal tersebut, 24 butir instrument tersebut dapat
dinyatakan layak untuk menilai sikap siswa terhadap lingkungan.
Kata kunci: Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Lingkungan |
en_US |