Repo Dosen ULM

Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN
dc.date.accessioned 2022-03-21T04:11:46Z
dc.date.available 2022-03-21T04:11:46Z
dc.date.issued 2022-01-10
dc.identifier.issn 2656-8063
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23166
dc.description.abstract Abstrak Tahun 2021 pembelajaran tatap muka mulai diberlakukan kembali, namun akibat pemebelajaran daring banyak peserta didik mengalami penurunan kemampuan akademiknya. Tujuan Artikel ini untuk menemukan solusi agar peserta didik yang mengalami kejenuhan dalam belajar dan cenderung memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar dapat terdorong untuk kembali semangat belajar sehingga memiliki prestasi belajar yang bagus juga. Artikel ini menggunakan pendekatan konseptual dengan desain literature review. Hasil yang diperoleh dari beberapa studi leterasi yang dilakukan, peserta didik banyak mengalami penurunan prestasi belajar karna tidak maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, peserta didik juga tidak termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik serta banyaknya beban tugas selama proses pembelajaran daring berlangsung. Hal tersebut berimbas pada pembelajaran tatap muka yang sudah dilakukan, peserta didik banyak yang tidak paham tentang materi-materi pembelajaran yang telah diberikan selama proses pembelajaran daring, sehingga perlu adanya inovasi dalam proses penyampaikan materi dikelas agar dapat menarik simpati peserta didik untuk kembali semangat belajar dan termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Artikel ini menawarkan beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menarik simpati dan meningkatkan kemampuan belajar peserta didik berbasis revolusi industri (penggunaan teknologi) dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Motivasi belajar, strategi belajar, pembelajaran tatap muka. Abstract In 2021 face-to-face learning will begin to be implemented again, but due to online learning, many students experience a decline in their academic abilities. The purpose of this article is to find a solution so that students who experience boredom in learning and tend to have progressed in learning outcomes can be encouraged to return to their enthusiasm for learning so that they have good learning achievements as well. This article uses a conceptual approach with a literature review design. The results obtained from several literacy studies that were carried out showed that many students experienced a decrease in learning achievement because the online learning process was not optimal, students were also not motivated to take part in learning well and there were many task loads during the online learning process. This has an impact on the face-to-face learning that has been carried out, many students do not understand the learning materials that have been provided during the online learning process, so there is a need for innovation in the process of delivering material in class in order to attract the sympathy of students to return to the spirit of learning and motivated to improve their learning achievement. This article offers several methods that can be used to attract sympathy and improve students' learning abilities based on the industrial revolution (use of technology) in the learning process. Keywords: learning motivation, learning strategies, face-to-face learning en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account