Repo Dosen ULM

Implementasi Penilaian Ranah Afektif Berbasis Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author DARMIYATI, DARMIYATI
dc.date.accessioned 2022-03-21T01:44:12Z
dc.date.available 2022-03-21T01:44:12Z
dc.date.issued 2022-02-03
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23114
dc.description.abstract Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa dengan menggunakan model Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitan dilakukan terhadap siswa kelas IV semester genap SDN 1 Palam Banjarbaru tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 19 orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil penilaian sikap siswa adalah : 26% sangat baik, 42% baik, 16% cukup baik dan 16% perlu bimbingan. Pada siklus kedua, 37% sangat baik, 42% baik, 11,5% cukup baik dan 11,5% perlu bimbingan. Pada siklus ketiga, 42% sangat baik, 47% baik, 11% cukup baik dan tidak ada siswa yang memiliki kriteria sikap yang kurang baik. Pada pertemuan ketiga tidak ditemukan siswa yang menunjukkan sikap tidak baik (perlu bimbingan) Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Implementasi Penilaian Ranah Afektif Berbasis Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account