Repo Dosen ULM

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN KAHOOT!

Show simple item record

dc.contributor.author Sukmawati, R Ati
dc.contributor.author Sari, Delsika Pramata
dc.contributor.author Wiranda, Nuruddin
dc.contributor.author Muriyadi
dc.contributor.author Kumala, Tiara Cahya
dc.date.accessioned 2022-02-25T03:03:47Z
dc.date.available 2022-02-25T03:03:47Z
dc.date.issued 2022-01-22
dc.identifier.issn 2514 - 3666
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22891
dc.description.abstract Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pelatihan kepada guru-guru terkait pemanfaatan media pembelajaran berbasis game menggunkan Kahoot!. Aplikasi Kahoot! dapat digunakan sebagai media evaluasi yang dapat membantu guru dalam proses evaluasi karena selain memanfaatkan teknologi, hal ini disukai siswa lebih efisien dibandingkan harus menulis lembaran jawaban dalam kertas evaluasi. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari sejumlah tahapan yaitu (1) melakukan pendataan peserta yang akan mengikuti pelatihan, (2) menyiapkan modul dan peralatan pelatihan, (3) melakukan pelatihan Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game dengan Kahoot! bagi guru-guru di Amuntai, (4) membuat laporan kegiatan, (5) melakukan publikasi kegiatan. Pendataan peserta akan dilaksanakan selama 2 minggu dengan cara penyebaran undangan ke instansi mitra, yaitu Madrasah Aliyah Swasta Al Ukhuwah, Madrasah Ibtidaiyah Integral Al Ukhuwah Amuntai, Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan berupaya aktif memahami konsep dan implementasi penggunaan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran yang menyenangkan berupa kuis sesuai mata pelajaran yang diampu. Hasil análisis menunjukkan bahwa guru-guru memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis game dengan Kahoot!. en_US
dc.publisher JCES (Journal of Character Education Society) en_US
dc.relation.ispartofseries 5;1
dc.subject Media; Pembelajaran; Kahoot! en_US
dc.title PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN KAHOOT! en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account