Repo Dosen ULM

Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Danaryati, Agni
dc.contributor.author Sari, Delsika Pramata
dc.date.accessioned 2022-02-25T03:01:07Z
dc.date.available 2022-02-25T03:01:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22881
dc.description.abstract Matematika merupakan salah satu bahasa yang juga dapat digunakan dalam berkomunikasi selain bahasanya sendiri. Komunikasi merupakan kemampuan untuk menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan gagasan matematis dan argumen dengan tepat, singkat dan logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banjarmasin. Metode penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis maupun hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2013-2014, dan (3) model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis untuk setiap aspek yang diteliti dibandingkan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2013-2014. en_US
dc.publisher EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries 2;1
dc.subject pengaruh, model pembelajaran quantum teaching, kemampuan komunikasi matematis, hasil belajar siswa en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account