Repo Dosen ULM

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada Siswa SMP Kelas IX

Show simple item record

dc.contributor.author Mariani, Raiha
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Mawaddah, Siti
dc.date.accessioned 2022-02-23T04:14:22Z
dc.date.available 2022-02-23T04:14:22Z
dc.date.issued 2021-03-31
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22871
dc.description Jurnal tentang berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl en_US
dc.description.abstract Berpikir tingkat tinggi merupakan suatu cara berpikir tentang bagaimana menghubungkan informasi pengetahuan baru dengan informasi pengetahuan dulu yang termemori dalam ingatan, mengembangkan informasi tersebut untuk menemukan suatu penyelesaian dari suatu masalah yang susah dipecahkan. Anderson dan Krathwohl dalam teorinya membagi kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi tiga tahapan, antara lain: menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tiga kecakapan itu dinilai berdasarkan prosesnya, bukan hanya sekedar hasil saja yang dinilai. Mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi beracuan pada teori Anderson dan Krathwohl pada siswa SMP kelas IX adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif adalah yang digunakan dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Banjarmasin Timur sebagai populasinya. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, sehingga diambil dua sekolah yaitu SMP Negeri 3 Banjarmasin dan SMP Negeri 7 Banjarmasin sebanyak 418 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Timur pada materi perpangkatan dapat disimpukan bahwa perolehan nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi terletak pada kategori cukup. en_US
dc.description.sponsorship JURMADIKTA program studi Pendidikan Matematika FKIP ULM Banjarmasin en_US
dc.publisher Jurmadikta program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 1 No 1 tahun 2021;hal 49-55
dc.subject kemampuan berpikir tingkat tinggi, teori Anderson dan Krathwohl en_US
dc.title Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada Siswa SMP Kelas IX en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account