Repo Dosen ULM

Pengaruh Model Pembelajaran Core terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Rasmita, Rasmita
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-02-23T04:14:18Z
dc.date.available 2022-02-23T04:14:18Z
dc.date.issued 2020-07-31
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn 2338-2759 (pint)
dc.identifier.issn 2597-9051 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22870
dc.description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan model pembelajaran CORE, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisisnya menggunakan statistika deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran CORE termasuk kriteria baik, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran langsung termasuk kriteria kurang, dan (3) model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. en_US
dc.description.abstract This study aimed to determine (1) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material using the CORE learning model, (2) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material using direct learning models, and (3) the effect of CORE learning model towards student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material. This study used a quasi-experimental method with the population of all students in eleventh grade of MIPA SMAN 5 Banjarmasin. The sampling technique was purposive sampling, so that two classes were taken as the experimental class and the control class. The techniques used for data collection were documentation and tests. The analysis technique uses descriptive and inferential statistics. The results of the study show that (1) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material of eleventh grade MIPA SMAN 5 Banjarmasin in the academic year en_US
dc.description.sponsorship EDU-MAT Program Studi Pendidikan Matematika en_US
dc.publisher EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 8 No 2 tahun 2020;hal 190-199
dc.subject model pembelajaran CORE, hasil belajar, HOTS en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Core terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account