Repo Dosen ULM

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Discovery Learning

Show simple item record

dc.contributor.author Puteri, Nisvia Mutiara
dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.contributor.author Ashori, Hidayah
dc.date.accessioned 2022-02-15T03:55:04Z
dc.date.available 2022-02-15T03:55:04Z
dc.date.issued 2018-08
dc.identifier.citation Puteri, N. M., Sukmawati, R. A., & Ansori, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning. en_US
dc.identifier.isbn 978 – 602 – 6483 – 81 – 2
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22829
dc.description.abstract Kemampuan berpikir kritis tidak mudah dan tidak langsung dimiliki oleh siswa karena untuk melatih kemampuan tersebut perlu latihan terbimbing dari guru. Oleh karena itu, guru memerlukan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta inovatif guna menunjang pembelajaran yang menarik dan aktif bagi siswa. Discovery learning adalah satu dari beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model discovery learning, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung, (3) menganalisis bahwa adanya pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desainnya adalah Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 31 Banjarmasin yaitu sebanyak 178 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat rendah, (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model discovery berada pada kategori sangat rendah, (3) terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model discovery learning. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.title Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Discovery Learning en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account