Repo Dosen ULM

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Kelas VIII-A SMPN 2 Piani

Show simple item record

dc.contributor.author Apriyani, Ahmad
dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.date.accessioned 2022-02-15T03:50:21Z
dc.date.available 2022-02-15T03:50:21Z
dc.date.issued 2020-09
dc.identifier.issn 2549-9963
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22812
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMPN 2 Piani melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2 Piani, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Objek penelitan adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tekanan zat dengan menerapkan model discovery learning. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, dari kurang termotivasi menjadi termotivasi. Hasil Belajar siswa kelas VIII-A juga mengalami kenaikan ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 65% selanjutnya pada siklus II menjadi 95% (melebihi batas ketuntasan klasikal= 80%). Sehingga model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. This study aims to improve learning motivation and student learning outcomes in class VIII-A at SMPN 2 Piani through a discovery learning model. This study is a classroom tidiness study. Cycles I are two encounters and cycles II are three encounters. The study was done by applying the discovery learning model. Action class consists of twenty pullings of research subjects made up nine male students and eleven female students. The object of research is the motivation to learn and the results of students degrees in the pressure of learning by applying the discovery learning model. The research instrument consisted of learning motivation sheets and learning achievement tests. Based on the research results, it was found that the motivation of students from cycle I and cycle II had increased, from less motivated to be motivated. Learning outcomes of class VIII-A students also experienced an increase in learning completeness in the first cycle reaching 65%; then in the second cycle, it became 95% (exceeding the classical completeness limit = 80%). So the discovery learning model can be a way to increase the motivation and learning result. en_US
dc.publisher Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika en_US
dc.relation.ispartofseries 4;2
dc.subject motivasi en_US
dc.subject discovery learning en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Kelas VIII-A SMPN 2 Piani en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account