dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran karakter
kemandirian siswa dan merumuskan strategi yang tepat dan efektif dalam
rangka meningkatkan kualitas pendidikan sebagai daerah sungai atau yang
dikategorikan lahan basah. metode penggunaan pendekatan ilmiah. Pendekatan
pembelajaran saintifik, juga bisa dikatakan pendekatan yang berbasis karakter,
karena dari implementasinya banyak nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan
pada siswa. Pelaksanaan pembelajaran karakter merupakan salah satu inovasi
dalam pembelajaran, dan hal ini sesuai dengan 4 (empat) bidang prioritas
unggulan Universitas Lambung Mangkurat yaitu bidang pertanian dan lahan basah,
sains dasar dan kesehatan, rekayasa dan teknologi, dan sosial humaniora, yang
selanjutnya terurai ke dalam 10 (sepuluh) bidang fokus, dan salah satu diantaranya
adalah inovasi pendidikan dan pembelajaran (RIP LPPM ULM, 2016-2020)
Penelitian ini disebut deskriptif kualitatif. Teknik Penentuan informan adalah
Informan ditentukan dengan cara dipilih secara sengaja oleh peneliti dengan
teknik purposive sampling. Hasil penelitian bahwa siswa sekolah dasar
pinggiran sungai memiliki karakter kemandirian lebih tinggi, hal ini terlihat dari
kemandirian siswa mulai dari berangkat ke sekolah, siswa menggunakan alat
transportasi sendiri dengan dayung bersama-sama dengan teman yang lainnya,
tampa didampingi oleh orang tua, dalam proses pembelajaran siswa juga
memiliki kemandirian, dan juga hasilnya terlihat dalam tindakan nyata dari
siswa sekolah dasar, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, mandiri, bertanggung
jawab. Dapat dilihat pada siswa yang sedang berangkat ke sekolah dengan
menggunakan jukung atau kapal perri sendiri dengan tidak ketergantungan pada
orang tua. |
en_US |