Repo Dosen ULM

Implementasi Karakter Kemandirian Pada Siswa Di Sekolah Dasar Pinggiran Sungai Kota Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Mariatul, Kiptiah
dc.contributor.author Dian Agus, Ruchliyadi
dc.date.accessioned 2022-02-04T05:45:45Z
dc.date.available 2022-02-04T05:45:45Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22733
dc.description Karakter, Kemandirian, Pinggiran Sungai en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran karakter kemandirian siswa dan merumuskan strategi yang tepat dan efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sebagai daerah sungai atau yang dikategorikan lahan basah. metode penggunaan pendekatan ilmiah. Pendekatan pembelajaran saintifik, juga bisa dikatakan pendekatan yang berbasis karakter, karena dari implementasinya banyak nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan pada siswa. Pelaksanaan pembelajaran karakter merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran, dan hal ini sesuai dengan 4 (empat) bidang prioritas unggulan Universitas Lambung Mangkurat yaitu bidang pertanian dan lahan basah, sains dasar dan kesehatan, rekayasa dan teknologi, dan sosial humaniora, yang selanjutnya terurai ke dalam 10 (sepuluh) bidang fokus, dan salah satu diantaranya adalah inovasi pendidikan dan pembelajaran (RIP LPPM ULM, 2016-2020) Penelitian ini disebut deskriptif kualitatif. Teknik Penentuan informan adalah Informan ditentukan dengan cara dipilih secara sengaja oleh peneliti dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian bahwa siswa sekolah dasar pinggiran sungai memiliki karakter kemandirian lebih tinggi, hal ini terlihat dari kemandirian siswa mulai dari berangkat ke sekolah, siswa menggunakan alat transportasi sendiri dengan dayung bersama-sama dengan teman yang lainnya, tampa didampingi oleh orang tua, dalam proses pembelajaran siswa juga memiliki kemandirian, dan juga hasilnya terlihat dalam tindakan nyata dari siswa sekolah dasar, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, mandiri, bertanggung jawab. Dapat dilihat pada siswa yang sedang berangkat ke sekolah dengan menggunakan jukung atau kapal perri sendiri dengan tidak ketergantungan pada orang tua. en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Implementasi Karakter Kemandirian Pada Siswa Di Sekolah Dasar Pinggiran Sungai Kota Banjarmasin en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account