dc.contributor.author |
Muhammad, Rahmatullah |
|
dc.contributor.author |
Mariatul, Kiptiah |
|
dc.date.accessioned |
2022-02-04T05:44:25Z |
|
dc.date.available |
2022-02-04T05:44:25Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22724 |
|
dc.description |
Pengetahuan Lokal, Sumber Belajar, Karakter, IPS |
en_US |
dc.description.abstract |
Tujuan jangka panjang dari kegiatan penelitian ini adalah terbentuknya
kerjasama sinergis dan terprogram antara guru IPS dan Dosen Pendidikan IPS
FKIP Unlam khususnya di Kalimantan Selatan dalam rangka pengembangan
pendidikan IPS berkarakter di persekolahan. Tujuan kegiatan penelitian secara
khusus dalam jangka pendek yakni 1) Mengidentifikasi jenis-jenis
pengetahuan asli (indigenous knowledge) yang ada di Propinsi Kalimantan
Selatan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS berbasis
karakter di SMP dan 2)Membuat media film animasi bernuansa indigenous
knowledge yang dapat dikembangkan untuk kegiatan pembelajaran IPS
berbasis karakter di SMP.
Target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini adalah
dihasilkannya produk berupa: 1) Buku Ajar tentang Pemanfaatan Indigenous
Knowledge untuk pembelajaran IPS berbasis Karakter, 2) Media Pembelajaran
Film Animasi Berbasis Indigenous Knowledge.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development) yang secara garis besar meliputi
kegiatan: 1) prasurvei untuk mengidentifikasi potensi indigenous knowledge
yang bisa digunakan untuk pembelajaran IPS berbasis karakter, 2)
pengembangan media pembelajaran film animasi berbasis indigenous
knowledge serta uji coba terbatas dan luas, dan 3) validasi media agar dapat
digunakan secara luas untuk kepentingan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru IPS di SMP telah
memanfaatkan pengetahuan lokal (indigenous knowledge) sebagai sumber
pembelajaran IPS namun belum banyak. Berdasarkan hasil observasi,
pengetahuan lokal di Kalimantan Selatan sangat beragam dan tersebar dalam
berbagai aspek kehidupan yakni: 1) Agama dan Kepercayaan, 2) Sistem
Pengetahuan, 3) Sistem Mata Pencaharian, 4) Tata Kelakuan, 5) Teknologi
Tradisional, dan 5) Aspek Kesenian. Berbagai pengetahuan lokal tersebut
mengandung nilai-nilai karakter yang dapat digunakan sebagai sumber
pembelajaran IPS di SMP.Berdasarkan diskusi dengan para guru disebutkan
bahwa salah satu pendekatan yang cocok digunakan dalam
mengimplementasikan pemanfaatan sumber belajar lokal dalam pembelajaran
adalah pendekatan kontekstual. |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Film Animasi Bernuansa Indigenous Knowledge Sebagai Media Pembelajaran IPS Berbasis Karakter Di SMP |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |