Repo Dosen ULM

Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.author Cahaya, Noor
dc.date.accessioned 2021-12-22T04:00:16Z
dc.date.available 2021-12-22T04:00:16Z
dc.date.issued 2013-04
dc.identifier.citation http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v3i1.4489 en_US
dc.identifier.issn 2089-0117
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22253
dc.description.abstract Penerapan prinsip Kerja Sama dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Banjarmasin. Sebuah proses pengajaran dan pembelajaran membutuhkan tindak tutur. Tindak tutur merupakan gejala individual psikologis, dan kelangsungan suatu tindak tutur ditentukan oleh kemampuan bahasa pembicara dalam menghadapi situasi bahasa. Oleh karena itu, baik guru dan siswa perlu memperhatikan aspek kerja sama dalam memegang tindak tutur. Aspek kerja sama cenderung memberikan rincian tentang pencapaian efektivitas dalam proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran objektif tentang penerapan maksim kerja sama dan kontribusi kerja sama terhadap efektivitas proses pengajaran dan pembelajaran. Kerangka penelitian ini didasarkan pada teori-teori yang terdiri dari teori maksim kerja sama oleh Grice. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Banjarmasin dengan mengumpulkan data dalam bentuk penggunaan bahasa dalam proses belajar-mengajar interaksi di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, dan teknik observasi. Analisis data dilakukan setelah mengumpulkan data. Meskipun ada kegagalan dalam kinerja, hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi maksim kerja sama optimal dilakukan secara efektif. Maksim kerja sama mampu merampingkan proses pengajaran dan pembelajaran. en_US
dc.publisher Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia en_US
dc.subject tindak tutur en_US
dc.subject maksim kerja sama en_US
dc.subject efektivitas pembelajaran en_US
dc.title Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia en_US
dc.title.alternative Jurnal Bahasa dan Sastra, Jilid 3, nomor 1, April 2013 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account