dc.contributor.author |
Sofia, Leila Ariyani |
|
dc.contributor.author |
Hidayat, Achmad Syamsu |
|
dc.contributor.author |
Zain, Muhammad Adnan |
|
dc.date.accessioned |
2021-12-10T13:49:50Z |
|
dc.date.available |
2021-12-10T13:49:50Z |
|
dc.date.issued |
2020-04 |
|
dc.identifier.citation |
Sofia L. A., Hidayat A. S., Zain M. A., 2020 Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad 5(2):133-143. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2461-0992 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22164 |
|
dc.description.abstract |
Pantai Asmara, Desa Muara Asam-asam Kabupaten Tanah Laut mulai dikembangkan sebagai obyek wisata alam sejak tahun 2016 oleh Pokdarwis Pantai Asmara. Pantai Asmara dengan segala keindahannya terus dibenahi dan dilengkapi segala fasilitasnya untuk lebih meningkatkan minat wsiatawan untuk berkunjung. Namun, pengembangan wisata Pantai Asmara masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, dimana kegiatan promosi belum terkelola dengan baik intensitas promosi yang masih sedikit. Oleh sebab itu, informasi yang diperoleh wisatawan cukup terbatas dan cenderung parsial. Tujuan PKM ini adalah (1) memberikan penyuluhan tentang jenis materi (konten) promosi, tata letak, dan akun media sosial; (2) memberikan pelatihan teknis penyusunan konten promosi berbasis media sosial. Metode kegiatan PKM yang diterapkan adalah (1) penyuluhan dan diskusi; (2) pelatihan dan pendampingan; dan (3) evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penyuluhan telah memberikan perubahan sikap dan pengetahuan khalayak sasaran (kelompok mitra) terhadap pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi wisata Pantai Asmara dari kurang menjadi cukup banyak mengetahui. Proses adopsi dan difusi iptek promosi produk jasa wisata oleh anggota kelompok mitra ke anggota masyarakat lainnya sudah tergolong cukup (bernilai 60 – 80 dengan rata-rata 68). Pokdarwis Pantai Asmara telah mampu mempersiapkan dan menyusun konten akun promosi produk jasa dalam format sederhana sesuai pengetahuan dan kemampuan kelompok. |
en_US |
dc.publisher |
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) - LP2M UNISKA |
en_US |
dc.subject |
wisata |
en_US |
dc.subject |
pantai |
en_US |
dc.subject |
media sosial |
en_US |
dc.subject |
akun |
en_US |
dc.subject |
promosi |
en_US |
dc.title |
Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |