Repo Dosen ULM

Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara

Show simple item record

dc.contributor.author Sofia, Leila Ariyani
dc.contributor.author Hidayat, Achmad Syamsu
dc.contributor.author Zain, Muhammad Adnan
dc.date.accessioned 2021-12-10T13:49:50Z
dc.date.available 2021-12-10T13:49:50Z
dc.date.issued 2020-04
dc.identifier.citation Sofia L. A., Hidayat A. S., Zain M. A., 2020 Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad 5(2):133-143. en_US
dc.identifier.issn 2461-0992
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22164
dc.description.abstract Pantai Asmara, Desa Muara Asam-asam Kabupaten Tanah Laut mulai dikembangkan sebagai obyek wisata alam sejak tahun 2016 oleh Pokdarwis Pantai Asmara. Pantai Asmara dengan segala keindahannya terus dibenahi dan dilengkapi segala fasilitasnya untuk lebih meningkatkan minat wsiatawan untuk berkunjung. Namun, pengembangan wisata Pantai Asmara masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, dimana kegiatan promosi belum terkelola dengan baik intensitas promosi yang masih sedikit. Oleh sebab itu, informasi yang diperoleh wisatawan cukup terbatas dan cenderung parsial. Tujuan PKM ini adalah (1) memberikan penyuluhan tentang jenis materi (konten) promosi, tata letak, dan akun media sosial; (2) memberikan pelatihan teknis penyusunan konten promosi berbasis media sosial. Metode kegiatan PKM yang diterapkan adalah (1) penyuluhan dan diskusi; (2) pelatihan dan pendampingan; dan (3) evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penyuluhan telah memberikan perubahan sikap dan pengetahuan khalayak sasaran (kelompok mitra) terhadap pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi wisata Pantai Asmara dari kurang menjadi cukup banyak mengetahui. Proses adopsi dan difusi iptek promosi produk jasa wisata oleh anggota kelompok mitra ke anggota masyarakat lainnya sudah tergolong cukup (bernilai 60 – 80 dengan rata-rata 68). Pokdarwis Pantai Asmara telah mampu mempersiapkan dan menyusun konten akun promosi produk jasa dalam format sederhana sesuai pengetahuan dan kemampuan kelompok. en_US
dc.publisher UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) - LP2M UNISKA en_US
dc.subject wisata en_US
dc.subject pantai en_US
dc.subject media sosial en_US
dc.subject akun en_US
dc.subject promosi en_US
dc.title Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account