Abstract:
Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan pelaksanaan implementasi
pendekatan ilmiah dalam pembelajaran teks drama di kelas VIII A SMP Negeri 1
Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian
guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII A. Secara keseluruhan, proses kegiatan
berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Guru sudah menerapkan kegiatan mengamati/
memperhatikan dengan teliti, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan/menggabungkan data,
menghubungkan, dan mengkomunikasikan/menyampaikan pada pembelajaran drama dengan
baik. Peserta didik melakukan pengamatan dengan suasana kondusif. Peserta didik
dipisahkan menjadi beberapa kelompok untuk mencoba berdiskusi agar menemukan
informasi dan menuliskan hasil temuannya. Guru mengarahkan peserta didik untuk aktif.
Namun pada teknik mengkomunikasikan belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan ada
sedikit kendala.