Repo Dosen ULM

Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Hermawan, Sainul
dc.contributor.author Jumadi
dc.contributor.author Ramlah
dc.date.accessioned 2021-11-30T23:34:29Z
dc.date.available 2021-11-30T23:34:29Z
dc.date.issued 2018-08-10
dc.identifier.issn 2656-2022
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22075
dc.description.abstract Pembelajaran Bahasa Indonesia ialah salah satu pelajaran yang wajib dilaksanakan di sekolah terutama di Indonesia. Pada kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Diantaranya ialah teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan memahami teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 24 Banjarmasin. Adapun aspek yang akan diteliti meliputi (1) aspek kebahasaan teks eksplanasi, dan (2) memahami isi teks eksplanasi. Metode yang digunakan ialah metode deksriptif kuantitatif. Kemudian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai yang diperoleh peserta didik dalam tes kemampuan memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi adalah 77,69 dengan rincian 3,8% tidak mampu, 3,8% kurang mampu, 19,2% cukup mampu, 15,4% mampu, dan 57,8% sangat mampu memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi, 2) nilai yang diperoleh peserta didik untuk tes kemampuan memahami isi teks eksplanasi adalah 71,61 dengan rincian 3,8% tidak mampu, 7.7% kurang mampu, 23,1% cukup mampu, 34,6% mampu, dan 30.8% sangat mampu. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, JPBS FKIP ULM en_US
dc.subject kemampuan, memahami, teks eksplanasi en_US
dc.title Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account