dc.description.abstract |
Pembelajaran Bahasa Indonesia ialah salah satu pelajaran yang wajib dilaksanakan di sekolah
terutama di Indonesia. Pada kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran Bahasa Indonesia
berbasis teks. Diantaranya ialah teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
mendeskripsikan kemampuan memahami teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP NEGERI
24 Banjarmasin. Adapun aspek yang akan diteliti meliputi (1) aspek kebahasaan teks eksplanasi,
dan (2) memahami isi teks eksplanasi. Metode yang digunakan ialah metode deksriptif kuantitatif.
Kemudian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai yang diperoleh peserta didik
dalam tes kemampuan memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi adalah 77,69 dengan rincian
3,8% tidak mampu, 3,8% kurang mampu, 19,2% cukup mampu, 15,4% mampu, dan 57,8% sangat
mampu memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi, 2) nilai yang diperoleh peserta didik untuk
tes kemampuan memahami isi teks eksplanasi adalah 71,61 dengan rincian 3,8% tidak mampu,
7.7% kurang mampu, 23,1% cukup mampu, 34,6% mampu, dan 30.8% sangat mampu. |
en_US |