Abstract:
Lembar Kerja Peserta Didik yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang
dalam memfasilitasii keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diharapkan dengan adanya
Lembar Kerja Peserta Didik yang berkualitas mampu membuat tujuan kurikulum 2013
tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik konsep Sistem Peredaran Darah biologi SMA berbasis
keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian inii merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer (1993) yang meliputi tahap uji
pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik ini, keterampilan berpikir kritis beracuan pada model Facione. Subjek validasi adalah
dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji
perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas XI SMA. Subjek uji kelompok kecil adalah
enam orang peserta didik kelas XI SMA. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan
bahwa kepraktisan isi hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, memiliki kategori
baik dengan skor 3, 71 dan kepraktisan harapan hasil pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik, memiliki kategori sangat baik dengan skor 94, 45%.
Kata Kunci: Kepraktisan, LKPD, Sistem Peredaran Darah