Repo Dosen ULM

Sekolah Dan Orang Tua (Sebuah Hubungan Untuk Mewujudkan Harmoni) Pada Paud Rumah Belajar Senyum Di Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Apriati, Yuli
dc.date.accessioned 2021-07-21T05:17:11Z
dc.date.available 2021-07-21T05:17:11Z
dc.date.issued 2019-12
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/20562
dc.description.abstract Kerjasama sangat penting dilakukan agar terjadi proses yang berkesinambungan dalam menstimulasi perkembangan anak dan hubungan untuk mewujudkan harmoni antara sekolah dengan para orang tua siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendekripsikan program sekolah yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di Sekolah Paud Rumah Belajar Senyum Banjarmasin. Dua tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Menjelaskan pelaksanaan program sekolah yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di Paud Rumah Belajar Senyum Banjarmasin. 2) Upaya meminimalisir faktor yang menghambat pelaksanaan program sekolah untuk melibatkan orang tua siswa dalam pendidikan anak di Paud Rumah Belajar Senyum Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan Program Kegiatan Sekolah yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di Paud Rumah Belajar Senyum Banjarmasin yaitu antara lain: 1) parenting education (pendidikan orang tua), berupa: kegiatan dengan tema parenting itu sendiri yang dilaksanakan dua sampai empat kali dalam satu tahun, Learning Contract, dan Pengajian yang dilakukan oleh paguyuban orang tua. 2) komunikasi, semua kegiatan pasti melibatkan komunikasi, tetapi yang khusus terkait program sekolah yaitu program di setiap pembagian raport semester I dan semester II. 3) volunteer (relawan), kegiatannya berupa : kelas inspirasi atau orang tua mengajar, perayaan-perayaan seperti peringatan hari ibu, Gerakan orang tua membacakan buku (Gernas Baku), donasi buku juga melibatkan orang tua, program bazar hasil karya anak, dan outbond family. 4) pembelajaran di rumah, hal ini terkait dengan program kegiatan sekolah seperti Gernas Baku. 5) membuat keputusan, dalam bentuk komite sekolah, dimana pengurus dan anggotanya adalah para orang tua siswa. Upaya meminimalisir faktor yang menghambat pelaksanaan program sekolah untuk melibatkan orang tua siswa dalam pendidikan anak di Paud Rumah Belajar Senyum Banjarmasin, diantaranya dengan melakukan learning contract, variasi komunikasi (lisan dan tertulis), dan menyediakan waktu yang tepat bagi orangtua untuk bisa terlibat dalam kegiatan sekolah, penawaran insentif atau reward (bingkisan, hadiah, piagam,sertifikat) untuk keterlibatan terbaik orang tua, memilih memanggil orang tua secara langsung dibanding mengirimi pesan atau e- mail, dukung workshop orang tua, buka pusat kegiatan orang tua, minta kehadiran pada konferensi orang tua dan guru, menjaga hubungan baik. en_US
dc.subject Program Sekolah Dan Orangtua, Pendidikan Anak Di Paud, Kerjasama en_US
dc.title Sekolah Dan Orang Tua (Sebuah Hubungan Untuk Mewujudkan Harmoni) Pada Paud Rumah Belajar Senyum Di Banjarmasin en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account