Repo Dosen ULM

WORKSHOP IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI TAMAN KANAK-KANAK PADA GURU-GURU DI TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.author Maimunah, Maimunah, Celia Cinantya Celia Cinantya
dc.date.accessioned 2021-07-01T01:45:07Z
dc.date.available 2021-07-01T01:45:07Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.citation Blended Learning en_US
dc.identifier.other 372.21 MAI W
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/20323
dc.description Pengabdian Masyarakat en_US
dc.description.abstract Regulasi tentang pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk semua jenjang pendidikan tidak terkecuali Pendidikan Anak Usia Dini telah menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga PAUD dan Guru PAUD dalam penerapannya. Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (Learn From Home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (Work From Home) bagi guru termasuk mereka yang bekerja disatuan PAUD. Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi ini merupakan keadaan yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak. Guru, orang tua, dan anak-anak tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang tidak dapat dipastikan. Setelah melaksanakan Belajar Dari Rumah selama kurang lebih 8 bulan sejak pertengahan Maret 2020, dalam menghadapai masa adaptasi kebiasaan baru atau biasa disebut Era New Normal ini, sekolah-sekolah sudah mulai mempersiapkan kegiatan-kegiatan pembelajaran di Era New Normal. akan tetapi perlu adanya kegiatan pembelajaran yang di desain sedemikian rupa guna memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak. Karena sekolah-sekolah juga perlu memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik dari bahaya penularan wabah Covid-19. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan Mitra PkM, kesulitan dalam menerapkan Model Blanded Learning di Taman Kanak-kanak memiliki kendala seperti keterbatasan guru dalam mengemas pembelajaran, membuat dan mengedit video, menggunakan aplikasi dan lain-lain. Selama ini kegiatan pembelajaran lebih diutamakan menggunakan Lembar Kerja yang dikirim melalui grup Whatsapp Orang Tua dan lain-lain Model Blended Learning merupakan gabungan dua lingkungan belajar. Di satu sisi, ada pembelajaran tatap muka di lingkungan tradisional, di sisi lain ada lingkungan pembelajaran terdistribusi yang mulai tumbuh dan berkembang dengan cara eksponsial sebagai teknologi baru yang memungkinkan diperluas untuk distribusi komunikasi dan interaksi. Dalam artian lain bahwa Blended Learning sebagai integrasi pembelajaran tatap muka dan metode pembelajaran online. en_US
dc.description.sponsorship PNBP FKIP ULM en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries 372.21 MAI W;Report
dc.subject Blended Learning, PAUD en_US
dc.title WORKSHOP IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI TAMAN KANAK-KANAK PADA GURU-GURU DI TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR en_US
dc.title.alternative WORKSHOP IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI TAMAN KANAK-KANAK PADA GURU-GURU DI TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account