Repo Dosen ULM

HAMBATAN AUTENTIK ASESMEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.author Prastitasari, Herti
dc.date.accessioned 2021-06-08T06:30:12Z
dc.date.available 2021-06-08T06:30:12Z
dc.date.issued 2020-08-04
dc.identifier.citation Indonesia en_US
dc.identifier.isbn 978-623-96195-0-3
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/20047
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini memberikan gambaran tentang permasalahan yang dihadapi guru dalam menerapkan autentik asesmen ketika melakukan proses pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan informasi yang ditemukan peneliti. Data penelitian diambil melalui wawancara semi terstruktur kepada 16 responden yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Jawa. Selain itu, data penelitian juga diambil melalui studi dokumentasi yang dikirimkan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mengalami hambatan ketika melakukan autentik assesmen melalui sistem pembelajaran daring. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya hambatan itu, yakni karena sumber daya manusia (guru, siswa, dan orang tua). Pada umumnya guru belum menguasai keterampilan TI sehingga mengalami kesulitan ketika merancang dan melaksanakan penilaian; siswa kesulitan mengakses soal-soal dan mengembalikan hasil pekerjaannya; dan orang tua mengalami kesulitan karena ketiadaan kompetensi. Faktor tidak tersedianya prasana secara memadai juga ikut menghambat dilaksanakannya penilaian. Selain itu, waktu pelaksanaan ujian juga memberi ketikdaklancaran pelakaksanaan ujian. Terakhir, pola pikir guru dan siswa ikut menjadi faktor penghambat dilaksanakannya authentik assemen dalam pembelajaran daring di sekolah. en_US
dc.publisher Seminar Nasional Kolaborasi PGSD, Magister Manajemen Pendidikan, PG PAUD, dan Magister PG PAUD Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Authentik Assessmen, Pembelajaran Daring en_US
dc.title HAMBATAN AUTENTIK ASESMEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR en_US
dc.title.alternative AUTENTIK ASESMEN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account