Repo Dosen ULM

Peer Review: IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL TENTANG LAHAN BASAH DENGAN MENGGUNAKAN FLIPPED MATERIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Show simple item record

dc.contributor.author Arapah, Elvina
dc.contributor.author Arini, Dini Noor
dc.date.accessioned 2021-04-21T02:53:36Z
dc.date.available 2021-04-21T02:53:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19600
dc.description.abstract Meskipun penggunaan ponsel cerdas tidak dilarang di lingkungan kampus pada Era 4.0, ponsel cerdas masih terbatas dalam penggunaanya sebagai alat komunikasi dan penghubung saja. Seharusnya, pemakaian ponsel cerdas ini tentu saja harus dicermati dengan bijak dan dimaksimalkan oleh berbagai pihak terkait, misalkan dengan menjadikannya sebagai media dalam pembelajaran. Literasi digital adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para mahasiswa di perguruan tinggi.Dalam kaitanya dengan penggunaan ponsel cerdas, mahasiswa bisa diarahkan untuk menggunakan gawainya dalam rangka meningkatkan literasi digitalnya. Tantangan yang dihadapi dalam memaksimalkan penggunaan ponsel cerdas untuk pembelajaran ini adalah keterbatasan dalam mengolah dan atau mengelola materi yang ada sehingga bisa lebih difokuskan pada peningkatan literasi digital. Dengan berbagai latar belakang dan alasan yang telah dijabarkan diatas, pengusul mencoba untuk menemukan literasi digital mahasiswa untuk materi Lahan Basah dan mengembangkan Flipped Material untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan 2 jenis yaitu studi deskriptif dan pengembangan. Deskripsi pertama yang ingin diperoleh adalah gambaran literasi digital mahasiswa tentang materi Lahan Basah. Untuk yang selanjutnya yaitu pengembangan, Flipped Material tentang materi Lahan Basah dalam bentuk digital dikembangkan dan diuji kelayakannya dalam ruang lingkup terbatas. Untuk penelitian ini, program studi yang dijadikan sampel adalah 4 program studi di FKIP. Keempat program studi yang menjadi sampel penelitian tersebut adalah Program Studi Bimbingan Konseling, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Guru PAUD, dan Pendidikan Khusus. Keempat program studi ini dipilih secara acak dengan pertimbangan feasibilitas dalam penelitian.Penarikan sampel adalah dengan Teknik Klaster Acak(Cluster Random Technique) karena karakteristik populasi yang dijadikan subjek penelitian dianggap sama yakni sebagai mahasiswa ULM semester I en_US
dc.description.sponsorship PBNP ULM en_US
dc.language.iso other en_US
dc.title Peer Review: IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL TENTANG LAHAN BASAH DENGAN MENGGUNAKAN FLIPPED MATERIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account