Repo Dosen ULM

Peer Riview : Modul pembelajaran problem-based lerning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah.

Show simple item record

dc.contributor.author Iriani, Rilia
dc.date.accessioned 2021-04-20T08:23:45Z
dc.date.available 2021-04-20T08:23:45Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.issn 2406-9205 (Print)
dc.identifier.issn 2477-4820 (Online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19584
dc.description modul; problem-based learning; lingkungan lahan basah; model pengembangan 4D; module; wetland environmental insight; 4D development model en_US
dc.description.abstract Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan berwawasan lingkungan lahan basah merupakan visi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Mewujudkan visi tersebut, pembelajaran yang dilakukan mengacu pada pembangunan pemahaman mahasiswa terhadap lingkungan lahan basah. Kimia Lingkungan merupakan mata kuliah yang bersentuhan langsung dengan lingkungan lahan basah. Sehingga diperlukan pengembangan modul pembelajaran Kimia Lingkungan yang berdasarkan lingkungan lahan basah. Modul dikembangkan menggunakan desain penelitian R & D dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian adalah mahasiswa pada mata kuliah Kimia Lingkungan Lahan Basah. Data yang dihasilkan berupa data validitas, keterbacaan, dan efektivitas modul serta respon siswa. Kelayakan modul pembelajaran PBL berbasis lingkungan lahan basah berada pada kategori “baik” dengan skor rata-rata 3,25. Uji keterbacaan perorangan dan kelompok kecil memiliki skor rata-rata masing–masing 3,0 dan berada pada kategori “baik”. Efektivitas modul terlihat dari hasil belajar mahasiswa pada uji perorangan dan uji kelompok kecil dengan nilai masing-masing 93,8 dengan N-gain 0,9 dan 92,6 dengan N-gain 0,9. Mahasiswa memberikan respon “baik” dengan persentase 78,33% untuk respon perorangan dan 71,67% untuk uji kelompok kecil. Hasil ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran problem-based learning (PBL) berbasis lingkungan lahan basah dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia Lingkungan Lahan Basah. en_US
dc.publisher Graduate School of Universitas Negeri Yogyakarta en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 5;No. 1
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Peer Riview : Modul pembelajaran problem-based lerning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account