dc.contributor.author |
Purwanti, Ratna |
|
dc.date.accessioned |
2021-04-15T00:35:16Z |
|
dc.date.available |
2021-04-15T00:35:16Z |
|
dc.date.issued |
2020-07-31 |
|
dc.identifier.citation |
Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91-105. doi:https://doi.org/10.33369/jip.5.2. 91-105 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2621-2382 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19523 |
|
dc.description |
artikel jurnal ilmiah potensia |
en_US |
dc.description.abstract |
Usia dini merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan salah
satu perkembangan anak seperti kemampuan bahasa, khususnya dalam Bahasa Inggris.
Dengan tujuan agar anak dapat bersaing di dunia global ketika mereka beranjak dewasa.
Akan tetapi, permasalahan yang terjadi di lapangan, Bahasa Inggris jarang diajarkan sebagai
pengantar keterampilan bahasa mereka, karena kurangnya pengetahuan guru tentang
metode pembelajaran Bahasa Inggris yang tepat untuk anak. Akan tetapi, ada salah satu
Taman Kanak-kanak yang menggunakan metode di dalam pembelajaran Bahasa Inggris
untuk anak usia dini di dalam keterampilan pengucapan kata dalam Bahasa Inggris yaitu
melalui metode gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dari
metode gerak dan lagu di salah satu Taman Kanak-kanak di Banjarmasin tengah. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi metode gerak
dan lagu dalam belajar keterampilan berbahasa Inggris. Temuan dari penelitian ini
mengungkapkan bahwa metode gerak dan lagu sangat memberikan manfaat untuk anak di
dalam motivasi (rasa ingin tahu anak tinggi dan antusias), keterampilan speaking di dalam
Bahasa Inggris (anak dapat mengingat kata dalam Bahasa Inggris melalui lagu), motorik
anak dan kerjasama (anak dengan gembira bernyanyi sambil bergerak). Penelitian ini dapat
digunakan sebagai masukan bagi guru dalam upaya menciptakan pembelajaran Bahasa
Inggris di kelas. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
PNBP FKIP ULM |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal Ilmiah Potensia |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 5;No 2 (2020) |
|
dc.subject |
Metode gerak dan lagu |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Bahasa Inggris |
en_US |
dc.subject |
Anak Usia Dini |
en_US |
dc.title |
Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |