Repo Dosen ULM

INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XII IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH DI SAMAKAN WILAYAH SUL-SEL KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author Nur, Rahmat
dc.date.accessioned 2021-03-26T02:10:33Z
dc.date.available 2021-03-26T02:10:33Z
dc.date.issued 2020-01-13
dc.identifier.issn 2684-8104
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19364
dc.description Jurnal Pada ringan Volume 2 No.1 Januari 2020 en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Gambaran umum SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar (2) Deskripsi pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (3) Bentuk penilaian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (4) Faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 di lakukan beberapa tahap pertama, pada kegiatan awal adalah membudayakan berdoa sebelum belajar. Nilai karakter yang muncul adalah nilai religius. Kedua, pada kegiatan inti nilai karakter yang muncul adalah nilai rasa ingin tahu dan bersahabat ,Ketiga, guru menutup pelajaran dengan membaca do’a.nilai karakter yang muncul adalah nilai religius (2) Bentuk penilaian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS adalah didasarkan pada indikator yang telah ditentukan yaitu indikator untuk nilai rasa ingin tahu, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan. (3) Faktor pendukungnya adalah karena adanya Adanya paradigma dan komitmen yang sama antara kepala sekolah dan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sedangkan faktor penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter adalah kurangnya kesadaran diri yang tinggi dari peserta didik, kurangnya perhatian orang tua yang masih belum memahami secara maksimal tentang pentingnya dukungan orang tua dalam membangun karakter anaknya di rumah, kreatifitas guru dalam dalam mengembangkan media pembelajaran masih terbatas dikarenakan persiapan media setiap harinya membutuhkan banyak waktu, tenaga dan pikiran. en_US
dc.publisher Program studi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 2 No 1;187-201
dc.subject padaringan en_US
dc.title INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XII IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH DI SAMAKAN WILAYAH SUL-SEL KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account