dc.contributor.author |
Mirnawati, Mirnawati |
|
dc.date.accessioned |
2021-01-04T07:51:19Z |
|
dc.date.available |
2021-01-04T07:51:19Z |
|
dc.date.issued |
2020-04 |
|
dc.identifier.citation |
APA |
en_US |
dc.identifier.issn |
2722-1636 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18696 |
|
dc.description |
- |
en_US |
dc.description.abstract |
Anak dengan gangguan sosial emosi (tunalaras) mengalami permasalahan untuk berinteraksi sosial terhadap lingkungannya, tapi bukan berarti mereka tida mampu melakuan hubungan sosial dengan orang lain. Penelitian ini dilakukan terhadap gangguan social emosional yang masih memiliki emosi yang belum stabil sehingga mudah sekali tersulut amarahnya hanya karena hal-hal kecil saja namun ia mampu berhubungan soaial dan keterikatan satu sama lain. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial anak tunalaras melalui kegiatan bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian subjek tunggal (SSR). Desain dalam penelitian ini adalah A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak gangguan sosial emosi berumur 13 tahun yang duduk di kelas III SDN Inklusif Benua Anyar 4 Banjarmasin. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung atau pencatatan kejadian terhadap kejadian atau perilaku yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan mean level Kemampuan perilaku prososial anak pada baseline 1 (A1) adalah 5 (lima), fase intervensi (B) adalah 14 (empat belas), dan pada fase baseline 2 (A2) adalah 9 (sembilan), dapat terlihat dari mean level ada peningkatan terhadap perilaku prososial anak dengan gangguan sosial emosi melalui kegiatan bermain peran di SDN Inklusif Benua Anyar 4 Banjarmasin |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Universitas Lambung Mangkurat;- |
|
dc.subject |
Tunalaras, |
en_US |
dc.subject |
Sekolah Inklusi, |
en_US |
dc.subject |
Perilaku Prososial, |
en_US |
dc.subject |
Role Playing |
en_US |
dc.title |
Efektifitas Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Hambatan Sosial Emosi |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |