Repo Dosen ULM

LAPORAN PENELITIAN: faktor-faktor yang berkontribusi dalam implementasi pendidikan inklusif pada tingkat sekolah dasar di kota Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Amka, Amka
dc.contributor.author Mirnawati, Mirnawati
dc.contributor.author Utomo, Utomo
dc.contributor.author kusumastuti, dewi ekasari
dc.date.accessioned 2020-12-30T02:20:18Z
dc.date.available 2020-12-30T02:20:18Z
dc.date.issued 2019-11
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn -
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18677
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan faktor-faktor yang berkontribusi dalam implementasi pendidikan inklusi pada tingkat Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat non-eksperimen dnegan jeis penelitian deskriptif yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau masa lampau, penelitian dilakukan di 21 SD penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalambentuk persentese. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif adalah budaya dan komunikasi, sekolah, keluaga, dan kebijakan, dengan persentase 47% faktor budaya dan komunikasi, 29% keluarga, 14% sekolah, dan 10 % kebijakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling berkontribusi dalam penelenggaraan pendidikan inklusif tingkat sekolah dasar di Banjarmasin adalah faktor budaya dan komunikasi. en_US
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan faktor-faktor yang berkontribusi dalam implementasi pendidikan inklusi pada tingkat Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat non-eksperimen dnegan jeis penelitian deskriptif yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau masa lampau, penelitian dilakukan di 21 SD penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalambentuk persentese. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif adalah budaya dan komunikasi, sekolah, keluaga, dan kebijakan, dengan persentase 47% faktor budaya dan komunikasi, 29% keluarga, 14% sekolah, dan 10 % kebijakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling berkontribusi dalam penelenggaraan pendidikan inklusif tingkat sekolah dasar di Banjarmasin adalah faktor budaya dan komunikasi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Khusus FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Universitas Lambung Mangkurat;3
dc.subject faktor-faktor en_US
dc.subject pendidikan inklusif en_US
dc.subject kontribusi en_US
dc.title LAPORAN PENELITIAN: faktor-faktor yang berkontribusi dalam implementasi pendidikan inklusif pada tingkat sekolah dasar di kota Banjarmasin en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account