Repo Dosen ULM

Manajemen Pemasaran Usaha Budidaya Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio L) di Unlam III Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan

Show simple item record

dc.contributor.author Lilimantik, Emmy
dc.date.accessioned 2020-12-23T10:07:04Z
dc.date.available 2020-12-23T10:07:04Z
dc.date.issued 2019-03-07
dc.identifier.issn 2655-8947
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18659
dc.description PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN VOLUME IV, 7 MARET 2019 en_US
dc.description.abstract Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah mengetahui (1) melakukan pembinaan terhadap manajemen pemasaran usaha budidaya ikan hias koi (Cyprinus carpio L), (2) membina kemitraan untuk membangun bisnis budidaya koi (Cyprinus carpio L) dengan lembaga pemasaran. Peningkatan produksi hias koi (Cyprinus carpio L) merupakan indikasi meningkatnya permintaan konsumen ikan hias. Permintaan pasar yang tinggi merupakan peluang bagi pemilik bisnis sehingga mereka harus menjaga kualitas produk sesuai dengan keinginan konsumen. Sistem pemasaran yang tidak optimal karena hanya langsung ke konsumen dan secara tidak langsung melalui pedagang membuat saluran pemasaran terbatas. Harga koi (Cyprinus carpio L) dari 2016 hingga 2018 relatif stabil, hal ini menyebabkan permintaan konsumen dari tahun ke tahun terus meningkat. Koi (Cyprinus carpio L) paling banyak digunakan untuk nilai estetika. Orang biasanya membudayakan koi sebagai hobi, nilai estetika, dan membuat jenis baru koi (Cyprinus carpio L). Artinya, membudidaya ikan hias ini memberi keuntungan dan itu layak untuk dilakukan. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif, metode survei, termasuk wawancara pribadi dengan kuesioner, wawancara menggunakan telepon, dan wawancara melalui media online. Usaha ikan koi memiliki laba sebesar Rp. 26.204.750,00 / bulan, sehingga tidak menjadi masalah bagi pembudidaya ikan koi (Cyprinus carpio L). Pengelolaan pemasaran budidaya ikan hias koi (Cyprinus carpio L) belum dilakukan secara optimal termasuk terbatasnya segmentasi dan strategi pemasaran, penggunaan media online untuk pemasaran ikan hias koi masih terbatas. Kemitraan bisnis ikan hias koi dengan lembaga pemasaran telah didirikan, dengan kepercayaan. kultivator dengan pedagang kolektor yang telah menjadi pelanggan tetap dan ketika membeli dan menjual ikan koi ada kesepakatan harga antara keduanya. Kata kunci: manajemen pemasaran, usaha budidaya, ikan hias koi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT en_US
dc.relation.ispartofseries Volume IV;
dc.subject the culture of koi fish en_US
dc.subject marketing management en_US
dc.title Manajemen Pemasaran Usaha Budidaya Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio L) di Unlam III Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan en_US
dc.title.alternative PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account