dc.description.abstract |
Dalam buku ini dikemukakan bahwa penelitian dan literatur dalam wilayah evaluasi program mengajar melihat, bahwa peluang-peluang dunia-nyata dan keterampilan-keterampilan yang dikembangkan dari pengalaman adalah penting untuk pengembangan yang sangat terlatih, praktisi-praktisi berketerampilan tinggi dalam lapangan evaluasi program. Selain itu versi tradisional dalam evaluasi program didesain untuk memberikan para siswa dengan pengalaman-pengalaman otentik melalui proyek-proyek di dalam kursus atau di luar kursus. Meskipun demikian masih memiliki keterbatasan-keterbatasan.
Buku ini menampilkan model tawaran perubahan paradigma dari Trevisan (2002) melalui pusat evaluasi yang memberikan peluang belajar mendalam bagi para evaluator dalam pelatihan. Pusat itu bertindak sebagai suatu jenis agensi atau konsultan dan dibebani kontrak dengan agensi-agensi luar, sekolah-sekolah, atau kelompok-kelompok serta berperan sebagai evaluator eksternal. Pendekatan ini menggabungkan proyek-proyek jangka panjang dalam setahun atau lebih, dilakukan secara penuh waktu oleh para mahasiswa di bawah supervisi penuh waktu staf pengajar. Kebaikankebaikan dari pendekatan adalah memberikan mahasiswa proyekproyek realistis yang cenderung mencerminkan banyak hal, berupa dilema-dilema, isu-isu dan pertimbangan-pertimbangan etis, yang dihadapi para evaluator profesional setiap hari.
Buku ini memberikan variasi dari proyek-proyek evaluasi untuk menjadi diskusi, analisis, dan refleksi. Studi-studi kasus diniatkan untuk membantu perkembangan diskusi yang kaya tentang praktik-praktik evaluasi, dan lingkup komprehensif, dan dapat juga memasukkan diskusi-diskusi dari praktik yang menyentuh isu-isu nyata yang muncul ketika melakukan proyek evaluasi. Selain itu juga untuk digunakan sebagai suplemen pendidikan untuk berbagai kursus –pengantar atau lanjutan– dalam evaluasi program. |
en_US |