Repo Dosen ULM

Mengukur Penalaran Proporsional Siswa dalam Pembelajaran Fisika

Show simple item record

dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2020-11-15T23:38:50Z
dc.date.available 2020-11-15T23:38:50Z
dc.date.issued 2015-03-07
dc.identifier.issn 978-602-14044-1-6
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18340
dc.description.abstract Penalaran sebagai salah satu fondasi kemampuan kognitif sangat penting dalam kesuksesan belajar dan berbagai hal dalam kehidupan nyata. Penalaran proporsional merupakan bagian dari penalaran ilmiah. Pada pembelajaran fisika, kemampuan penalaran proporsional siswa diharapkan dapat dilatihkan dan dikembangkan karena pembelajaran fisika memiliki bagian yang terkait dengan penalaran. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh informasi kemampuan penalaran proporsional siswa dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan subjek peneltiain siswa kelas XI IPA SMA yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini mengunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih rendahnya kemampuan penalaran proporsional siswa pada pembelajaran fisika dan perlunya melatihkan serta mengukur penalaran proporsional siswa dalam pembelajaran sebagaimana tuntutan abad 21. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika UNLAM Banjarmasin en_US
dc.subject Penalaran Proporsional en_US
dc.subject Pembelajaran Fisika en_US
dc.title Mengukur Penalaran Proporsional Siswa dalam Pembelajaran Fisika en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account