dc.contributor.author | Mahardika, Andi Ichsan | |
dc.date.accessioned | 2020-11-15T23:38:50Z | |
dc.date.available | 2020-11-15T23:38:50Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.issn | 978-602-14044-1-6 | |
dc.identifier.uri | https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18340 | |
dc.description.abstract | Penalaran sebagai salah satu fondasi kemampuan kognitif sangat penting dalam kesuksesan belajar dan berbagai hal dalam kehidupan nyata. Penalaran proporsional merupakan bagian dari penalaran ilmiah. Pada pembelajaran fisika, kemampuan penalaran proporsional siswa diharapkan dapat dilatihkan dan dikembangkan karena pembelajaran fisika memiliki bagian yang terkait dengan penalaran. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh informasi kemampuan penalaran proporsional siswa dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan subjek peneltiain siswa kelas XI IPA SMA yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini mengunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih rendahnya kemampuan penalaran proporsional siswa pada pembelajaran fisika dan perlunya melatihkan serta mengukur penalaran proporsional siswa dalam pembelajaran sebagaimana tuntutan abad 21. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika UNLAM Banjarmasin | en_US |
dc.subject | Penalaran Proporsional | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.title | Mengukur Penalaran Proporsional Siswa dalam Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.type | Article | en_US |