dc.description.abstract |
Rendahnya hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Anjir Muara disebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Sehingga dilakukan penelitian yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TTS), adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMA 1 Anjir Muara. Pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitiian menunjukkan peningkatan (1) keterlaksanaan RPP siklus I rata-ratanya 3,70 dan siklus II rata-ratanya 3,89; (2) aktiivtas siswa dalam pembelajaran pada siklus I keseluruhan berkategori aktif, dan siklus II keseluruhan berkategori sangat aktif, (3) hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II sebesar 85%. Simpulan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS untuk pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Anjir Muara. |
en_US |