Repo Dosen ULM

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Pembelajaran Fisika

Show simple item record

dc.contributor.author Novita, Dina
dc.contributor.author Zainuddin
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2020-11-15T23:38:22Z
dc.date.available 2020-11-15T23:38:22Z
dc.date.issued 2017-03-18
dc.identifier.isbn 978-602-6483-28-7
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18336
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Anjir Muara disebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Sehingga dilakukan penelitian yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TTS), adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMA 1 Anjir Muara. Pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitiian menunjukkan peningkatan (1) keterlaksanaan RPP siklus I rata-ratanya 3,70 dan siklus II rata-ratanya 3,89; (2) aktiivtas siswa dalam pembelajaran pada siklus I keseluruhan berkategori aktif, dan siklus II keseluruhan berkategori sangat aktif, (3) hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II sebesar 85%. Simpulan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS untuk pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Anjir Muara. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika ULM en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray en_US
dc.title Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Pembelajaran Fisika en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account