Repo Dosen ULM

Cek Plagiasi: Sikap dan Perilaku Siswa Terhadap Keberadaan Sungai di Kota Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Fatimah
dc.date.accessioned 2020-11-02T00:10:10Z
dc.date.available 2020-11-02T00:10:10Z
dc.date.issued 2020-11-01
dc.identifier.issn 2540-8712
dc.identifier.issn 2303-2909
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18224
dc.description.abstract Banjarmasin yang dijuluki sebagai kota seribu sungai, merupakan kota yang sejak dahulu masyarakatnya banyak bermukim di bantaran sungai. Sungai merupakan salah satu bagian dari lingkungan, dimana keberadaan sungai sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu keberadaan sungai harus bisa terpelihara dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Sikap dan perilaku siswa terhadap keberadaan sungai, dan (2) mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SDN Alalak Utara 1 Kota Banjarmasin dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terhadap keberadaan sungai di Kota Banjarmasin, 33% siswa menunjukkan sikap dan perilaku yang sangat baik, 51% menunjukkan sikap yang baik, 8% menunjukkan sikap yang cukup, 6% menunjukkan sikap yang kurang baik, dan 2% menunjukkan sikap yang tidak baik. Upaya yang dilakukan sekolah dalam menanamkan sikap peduli lingkungan adalah pengintegrasian melalui pembelajaran, melalui keteladanan, melaksanakan program Jum’at bersih, membuat piket bergiliran antar kelas, selalu menyelipkan pesan untuk menjaga lingkungan saat upaca bendera setiap hari Senin, dan melalui komite sekolah. en_US
dc.publisher Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan ULM en_US
dc.subject Sikap en_US
dc.subject Perilaku en_US
dc.subject Sungai en_US
dc.title Cek Plagiasi: Sikap dan Perilaku Siswa Terhadap Keberadaan Sungai di Kota Banjarmasin en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account