Repo Dosen ULM

PEER REVIEW Implementasi Kurikulum Fleksibel di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Yuwono, Imam
dc.contributor.author Ratih Rapisa, Dewi
dc.contributor.author Damastuti, Eviani
dc.date.accessioned 2020-09-14T12:07:58Z
dc.date.available 2020-09-14T12:07:58Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17954
dc.description.abstract Kurikulum yang harus digunakan di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif harus bersifat fleksibel artinya kurikulum harus disesuaikan dengan kemampuan atau kebutuhan peserta didik. Implementasi kurikulum fleksibel pada sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji lebih dalam, sebab kurikulum fleksibel akan menjadi salah satu kunci keberhasilan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum fleksibel di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan khusus SDN Banua Anyar 8, SDN Banua Anyar 4, SDN Kuin Selatan 3 dan SDN Gadang 2 Banjarmasin dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, foto, catatan hasil kegiatan dan surat-surat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian yang dilakukan di 4 sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Banjarmasin yaitu SDN Banua Anyar 8, SDN Banua Anyar 4, SDN Kuin Selatan 3 dan SDN Gadang 2, menunjukkan: (1) Implementasi kurikulum fleksibel dalam mengakomodasi keberagaman individu, sebagian besar sekolah sudah merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dengan menerapkan kurikulum fleksibel, (2) Implementasi kurikulum fleksibel yang mencerminkan sikap sosial dapat dilihat dari sikap sosial guru, sikap sosial teman sebaya dan sikap sosial orang tua anak berkebutuhan khusus dari empat 4 SD N penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Banjarmasin yaitu SDN Banua Anyar 8, SDN Banua Anyar 4, SDN Kuin Selatan 3 dan SDN Gadang 2 sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif menunjukkan sikap yang positif terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus. en_US
dc.subject Kurikulum fleksibel; sekolah dasar penyelenggara inklusif en_US
dc.title PEER REVIEW Implementasi Kurikulum Fleksibel di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Banjarmasin en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account