dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran CRVIDEAL dalam meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa tunarungu dalam
kegiatan perkuliahan di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuantitatif dengan jenic penelitian ekperimen tipe pre
eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest posttes (O1 X O2).
Subjek pada penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa tunarungu semester V (3
orang laki-laki dan 2 orang perempuan), penelitian di lakukan di program studi
pendidikan khusus FKIP ULM Banjarmasin, pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertisipasi
belajar mahasiswa tunarungu pada pretest berada dalam kategori kurang baik
dengan nilai rata-rata sebesar 32,4, sedangkan pada posttest partisipasi belajar
mahasiswa tunarungu termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata
sebesar 69. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi
belajar mahasiswa tunarungu secara signifikan setelah penerapan model
pembelajaran CRV-IDEAL dalam kegiatan perkuliahan yang menyesuaikan
dengan kebutuhan belajar dan prinsip pembelajaran anak tunarungu. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa model CRV-IDEAL efektif dalam meningkatkan
partisipasi belajar mahasiswa tunarungu.
Keywords
Model pembelajaran crv-ideal; Partisipasi Belajar; Mahasiswa Tunarungu |
en_US |