dc.description.abstract |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan produk berupa bahan ajar IPA SD I di
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lambung Mangkurat. Adapun
subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Sedangkan model pengembangan
yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg dan
Gall. Sedangkan Teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan
analisa data yang digunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan
conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian dari tim ahli uji validitas, dari uji ahli materi
memperoleh 78,5% dengan kategori valid, uji ahli media memperoleh 80% dengan kategori
sangat valid, dan uji ahli bahasa sebesar 75% dengan kategori valid. Pada uji coba kelompok
kecil diperoleh rerata respon sebesar 87,89 % dengan kategori sangat baik, dan uji kelompok
besar diperoleh rerata respon sebesar 88,56% dengan kategro sangat baik. begitupula dengan
hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan, pada uji coba kecil rerata hasil
belajar siswa sebesar 86,7%, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh 90%. Hal ini
menunjukkan bahwa modul IPA Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk dikembangkan dan
dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Kata kunci: Bahan Ajar, IPA Sekolah Dasar I |
en_US |