Repo Dosen ULM

Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah

Show simple item record

dc.contributor.author MUTIANI, MUTIANI
dc.date.accessioned 2020-09-09T03:16:47Z
dc.date.available 2020-09-09T03:16:47Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.issn 2615-7993
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17804
dc.description.abstract Permasalahan klasik dalam pembelajaran adalah minimnya partisipasi peserta didik. Lesson study sebagai satu solusi untuk membangun komunitas belajar (Learning Communitty) antar guru, peserta didik, maupun akademisi. Secara khsusus membantu mengkontruksi peristiwa pada saat transkrip dialog. Model TBLA diyakini mampu membuka permasalahan yang terjadi berdasarkan masukan mendalam berdasarkan dialog yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mendeskripsikan pelaksanaan lesson study pada mata pelajaran sejaran di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pendakatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Tiga tahapan pengumpulan data dilalui oleh peneliti sebagai prosedur dari human instrument penelitian. Sepuluh narasumber didapat untuk memberikan keabsahan data berdasarkan analisis model interaktif Miles Hubermen dan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian memaparkan Peningkatan nampak dari kualitas percakapan yang terjadi antara guru dan peserta didik. Peningkatan kualitas pembelajaran mengindikasikan kemampuan berpikir historis peserta didik. Kemampuan ini nampak pada saat peserta didik mampu menyimpulkan materi dengan analogi serta pemaparan secara kronlogis dan kontekstual. Kondisi ini menjadikan situasi belajar tidak hanya menjadi dominasi guru melainkan meningkatnya partisipasi peserta didik dalam diskusi. Perihal ini menjadi indikasi bahwa aktivitas pembelajaran membuka ruang terbuka pada komunitas belajar. Kata Kunci; lesson study, model TBLA, komunitas belajar, dan pembelajaran sejarah. en_US
dc.publisher HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah en_US
dc.subject EDUCATION en_US
dc.title Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account